www.cimbniaga.co.id production

Punya pertanyaan seputar New OCTO Mobile? Yuk, temukan jawabannya!

Aplikasi OCTO Mobile yang baru dapat di-download melalui Apple App Store atau Android Play Store dengan mencari aplikasi OCTO Mobile by CIMB Niaga di Playstore maupun AppStore.

Apabila Bapak / Ibu sudah menggunakan aplikasi OCTO Mobile sebelumnya dan mengaktifkan auto update di Playstore atau Appstore, maka aplikasi OCTO Mobile-nya akan otomatis terupdate, namun jika Bapak / Ibu tidak mengaktifkan auto update, maka Bapak / Ibu akan diarahkan untuk mengupdate aplikasi saat membuka OCTO Mobile.

Bapak/Ibu, saat ini aplikasi OCTO Mobile telah diperbaharui, kami sarankan Bapak/Ibu segera mengunduh aplikasi new OCTO Mobile baru versi 3.0.0 (terbaru) yang sudah tersedia di PlayStore dan AppStore untuk dapat bertransaksi kembali.

Bapak/Ibu, saat ini aplikasi OCTO Mobile telah diperbaharui, kami sarankan Bapak/Ibu segera mengunduh aplikasi new OCTO Mobile baru versi 3.0.0 (terbaru) yang sudah tersedia di PlayStore dan AppStore untuk dapat bertransaksi kembali.

Aplikasi OCTO Mobile dapat dicari di Apple App Store atau Android Play Store dengan kalimat “OCTO Mobile by CIMB Niaga”.

Untuk keamanan transaksi, Bank CIMB Niaga menghimbau agar Bapak/Ibu hanya men-download aplikasi melalui Apple App store dan Android Play Store dan jangan pernah memberikan data Pribadi kepada siapapun termasuk yang mengatasnamakan Bank.

Selain itu, download aplikasi OCTO Mobile tidak menarik biaya apapun.

Pengembangan aplikasi OCTO Mobile ini berlaku untuk semua nasabah dan akan mempermudah transaksi Bapak / Ibu. Jangan khawatir, dengan adanya OCTO Mobile yang baru ini, fitur-fitur utama tetap tersedia, keamanannya dapat terjaga dan transaksi dapat dilakukan dimana dan kapan saja secara nyaman.

Bapak/Ibu, dikarenakan dari pihak PlayStore/AppStore nya memerlukan waktu untuk distribusi aplikasi, mohon agar dapat dicoba Kembali dalam kurun waktu 24 jam.

Kami himbau agar Bapak/Ibu hanya mengunduh OCTO Mobile dari Google PlayStore dan Apple AppStore yang resmi.

History transaksi dapat dilihat melalui mutasi rekening dengan mengakses My Account/Rekening saya, lalu lihat daftar transaksi.

Demi keamanan dalam menggunakan OCTO Mobile, Bapak / Ibu dihimbau untuk melakukan aktivasi kembali akses fingerprint/face ID melalui menu Pengaturan. 

Tidak ada biaya download, biaya administrasi, maupun biaya bulanan dalam menggunakan layanan OCTO Mobile Pak / Bu. Untuk download/akses OCTO Mobile, pastikan Bapak/Ibu memiliki paket data/jaringan internet yang aktif.

Namun :

  • Untuk transaksi finansial, terdapat kemungkinan biaya yang dibebankan kepada nasabah, contoh: biaya transfer ke bank lain atau biaya transaksi pembayaran tagihan atau isi ulang tertentu
  • Untuk penerimaan passcode dan notifikasi melalui SMS, Nasabah akan dikenakan biaya sesuai dengan provider telekomunikasi masing masing

Semua HP dengan OS Android dan iOS (Apple) dapat dipakai untuk mengakses aplikasi OCTO Mobile. Untuk pengalaman bertransaksi yang lebih nyaman, minimum OS yang compatible adalah min. versi 8.0 untuk Android atau min. versi 13.0 untuk iOS (Apple).

Untuk melihat versi OS Android dan iPhone dapat dilakukan sebagai berikut:

  1. Buka menu Pengaturan/Setting di ponsel (untuk iPhone, selanjutnya pilih menu General)
  2. Pilih About/Tentang Ponsel.
  3. Versi OS akan terdapat pada kolom version/versi.

Cara untuk mengetahui versi OCTO Mobile Bapak/Ibu adalah sebagai berikut:

  1. Terdapat 5 tombol menu baru di bagian bawah aplikasi, yaitu: Home, Rekening Saya, Pay QRIS, Ask OCTO/Tanya OCTO dan Settings/Pengaturan
  2. Versi aplikasi yang muncul di halaman pertama saat membuka aplikasi dan di menu Pengaturan -> Versi terbaru adalah 3.0.0
  3. Tampilan utama dari aplikasi langsung menunjukkan menu-menu yang ada di OCTO Mobile. Bapak/Ibu akan diminta login apabila hendak melakukan aktivitas finansial atau bertransaksi.

Apabila saat membuka aplikasi Bapak/Ibu masih melihat versi 2.8.8 dan langsung diarahkan ke halaman login, berarti Bapak/Ibu masih menggunakan versi OCTO Mobile yang lama.

OCTO Mobile baru OCTO Mobile lama
Saat membuka aplikasi, nasabah akan langsung diarahkan ke halaman utama

Agar dapat men-download aplikasi OCTO Mobile, mohon agar Bapak/Ibu dapat memastikan beberapa hal berikut ini:

  • Paket data yang dimiliki cukup untuk melakukan download.
  • HP memiliki memory yang cukup
  • HP sudah menggunakan Operating Sistem (OS) yang disarankan yaitu min versi 8.0 untuk Android atau min. versi 13.0 untuk iOS. Cara melihat OS di Android dan iPhone:
    1. Buka menu Pengaturan/Setting di ponsel (untuk iPhone, selanjutnya pilih menu General)
    2. Pilih About/Tentang Ponsel.
    3. Versi OS akan terdapat pada kolom version/versi.

OCTO Mobile yang baru dirancang untuk pengalaman transaksi yang lebih baik, diantaranya :

  1. Dengan tampilan baru, kini fitur-fitur yang ada di OCTO Mobile dapat dilihat tanpa harus selalu login. Login akan diperlukan untuk fitur-fitur transaksional.
  2. Financial check-up yang dapat membantu mengatur keuangan berupa jumlah asset, uang masuk dan uang keluar. Fitur ini dapat dinikmati pasca login ke OCTO Mobile.
  3. Fitur gamification yang memungkinkan Bapak/Ibu memainkan game-game seru dan mengembangkannya sesuai dengan transaksi yang Bapak/Ibu lakukan.

Apabila Perangkat yang saat ini Bapak/Ibu gunakan untuk mengakses OCTO Mobile belum terdaftar, mohon lakukan pendaftaran Perangkat dengan cara berikut:

  1. Login dengan User ID OCTO Mobile dan masukkan Passcode yang dikirimkan melalui SMS
  2. Bapak/ Ibu akan diminta untuk memasukkan data penting sesuai dengan jenis pendaftaran:
    Apabila memiliki rekening tabungan
    • Nomor rekening
    • 4 angka akhir kartu ATM
    • PIN ATM
    • Nomor ponsel yang terdaftar OCTO Mobile
    Apabila hanya memiliki kartu kredit
    • 4 angka akhir kartu kredit
    • PIN kartu kredit
    • Tanggal lahir
    • Nomor ponsel yang terdaftar OCTO Mobile
    Apabila hanya memiliki OCTO Pay
    • Langsung diarahkan ke pengiriman SMS
  3. Kemudian Bapak/ Ibu akan masuk ke satu halaman baru, dimana Bapak/Ibu diminta untuk mengirimkan SMS dengan format yang sudah diberikan oleh Bank. Klik “kirim SMS
  4. Di halaman SMS, silakan kirim SMS ke 1418 tanpa merubah format Untuk nomor luar negeri akan otomatis diarahkan ke +62816101418.
  5. Apabila pengiriman SMS berhasil, maka Bapak/ Ibu akan masuk kembali ke dalam aplikasi OCTO Mobile dan akan langsung masuk ke halaman awal

[Note penting]

Setiap kali Bapak/ Ibu melakukan login dari Perangkat yang berbeda, maka Bapak/Ibu harus mendaftarkan ulang Perangkat tersebut mengikuti cara di atas.

Tulisan error yang muncul Panduan
Invalid account number/Invalid debit card pin/invalid phone number/Invalid last 4 digit card number/invalid CC number/invalid DOB

Mohon pastikan verifikasi data Bapak/Ibu sudah benar:

  1. Pastikan nomor rekening dan kartu dalam keadaan aktif
  2. Pastikan nomor rekening terkoneksi dengan kartu yang nomornya dimasukkan
  3. Pastikan nomor ponsel yang dimasukkan sesuai dengan yang didaftarkan ke OCTO Mobile (yang menerima OTP)
Account number entered cannot be used, nomor rekening tidak dapat digunakan Pastikan nomor rekening yang dimasukkan bukan rekening investor, Personal Loan, Deposito, Tabungan Berjangka (Goal Savers).
Your debit card is expired, Your debit card is currently blocked. Your debit card is inactive Incomplete information  
Incomplete information Pastikan semua informasi yang dimasukkan sudah lengkap:
Apabila memiliki rekening tabungan
  • Nomor rekening
  • 4 angka akhir kartu ATM
  • PIN ATM
  • Nomor ponsel yang terdaftar OCTO Mobile
Apabila hanya memiliki kartu kredit
  • 4 angka akhir kartu kredit
  • PIN kartu kredit
  • Tanggal lahir
  • Nomor ponsel yang terdaftar OCTO Mobile
Your account is blocked due to invalid data input/akun terblokir karena kesalahan input data Hubungi Contact Center 14041
Failed to verify your device/Verifikasi ponsel belum berhasil
  1. Pastikan Bapak/Ibu tidak mengganti format SMS yang dikirim ke 1418 sama sekali
  2. Pastikan Bapak/Ibu mengirim SMS dari nomor ponsel yang terdaftar OCTO Mobile

Bapak/Ibu dapat mengaktifkan login fingerprint atau face ID di new OCTO Mobile dengan cara berikut :

  1. Masuk ke menu “Pengaturan” yang ada di menu navigasi di bagian bawah sebelah kanan dan nyalakan togle Login fingerprint/face ID
  2. Konfirmasi Pop up dengan klik tombol “Aktifkan” dan masukkan 2 dari 6 angka OCTO Mobile PIN sesuai diminta
  3. Pengaturan berhasil disimpan.
Langkah 1 Langkah 2 Langkah 3
Langkah 1
Langkah 2
Langkah 3

Bapak/Ibu dapat melakukan penggantian User ID melalui menu ‘pengaturan’

Bapak/Ibu, pengaturan limit transaksi dikembalikan ke default pada new OCTO Mobile.  

Limit transaksi dan mperubahan limit dapat dilakukan melalui menu Pengaturan.

Saat ini untuk Android, Bapak/Ibu memerlukan minimum OS versi 8.0 untuk dapat menggunakan fitur fingerprint di aplikasi OCTO Mobile yang baru.

Bapak/Ibu jangan khawatir, transaksi terjadwal yang sudah dijadwalkan sebelumnya akan tetap dijalankan di New OCTO Mobile.

Bapak/Ibu dapat melakukan reset PIN OCTO Mobile melalui menu “Pengaturan”.